Kunjungan ke PI Del, Laguboti, Balige

18 07 2011

Sebagai tindak lanjut diskusi sebelumnya,  pada tanggal 20 Mei saya dan Doly Hutapea dan seorang teman alumni bang Freddy Pardede (Elektro ITB 82) berkunjung ke DEL di Laguboti.

Kami menginap di guest house dengan pemandangan indah ke danau Toba (tapi disebelah guest house berbatas pagar kita bisa juga lihat kuburan keluarga).

Pada tanggal 21 kami diberi kesempatan bertemu dengan mahasiswa angkatan terakhir yang akan melakukan Kerja Praktek (berbeda dgn ITB, KP dilakukan ditengah masa kuliah). Dan pada hari itu status saya mendadak berubah menjadi dosen untuk mengajak mahasiswa tingkat akhir “mimpi” membangun ind elektronika di Indonesia. Sedikit berhasil karena 6 orang dari mereka saat ini melakukan kerja praktek di kantor kami.

Kami juga melihat beberapa kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa, beberapa yang menarik adalah:

–          Kunjungan ke SMA2 dan kampung2 untuk memperkenalkan komputer dan operating system LINUX buatan DEL yang dinamakan NAULINUX (NAULI + LINUX = Linux yang indah !!)

–          Program membersihkan pantai danau toba dari sampah (FYI banyak sekali tanaman enceng gondok  mengapung di danau toba.)

Tanggal 22 Mei (Minggu) saya, ibu Inggriani Liem (Direktur sekolah DEL, dosen Informatika ITB) dan seorang teman Sebastian Hutabarat yg sudah 15 tahun lebih tinggal di Balige (sempat lama bekerja dan hidup di Bandung Jakarta) melakukan hiking sepanjang danau toba.  Kami melihat banyak sekali anak2 miskin, tidak bersekolah dan orang2 tua yang sakit tanpa pengobatan yang layak (tidak mau ke dokter). Dalam perjalan singkat ini kami sempat membantu seorang bapak untuk berobat ke RS seorang bapak yg anaknya sakit jiwa dan cucunya (umur 5 dan 7 tahun), hebat sekali anak2 ini karena mereka bisa merawat kakek nya dan rumah mereka tetap bersih.

Tgl 23 Mei kembali saya jadi dosen memberikan kuliah umum, dan siangnya sempat berkunjung ke SMKN Balige dan melihat banyak sekali siswa SMKN ini tapi kelihatannya (mudah2an saya salah) mereka kurang terarah, karena saya jalan dengan direktur DEL maka saya bebas melihat kurikulum mereka dan alat lab yang dimiliki. Saya kaget melihat banyak sekali alat2 praktikum elektronika yang canggih yang sudah berdebu tapi kelihatan belum pernah dipakai yg tersimpan di lemari.

Saya sempat berdiskusi panjang dengan ibu Inge dan juga dengan bang Samsir Simanjuntak dan lae nya Sebastian Hutabarat mengenai apa yang bisa kita lakukan untuk membantu.

Hal lain: Saya sempat perhatikan semenjak Siantar dan di Pasar Balige, banyak sekali warung2 yang menjual makanan dari luar daerah, seperti Pecel Lele, Martabak, dan juga saya melihat ada beberapa mesjid yang baru dibangun dan orang2 yang berkerudung. Kalau mendengar cerita teman kita Sebastian Hutabarat orang2 tanah Batak cukup potensial untuk berubah keyakinan karena kondisi ekonomi, masih banyak penganut animisme dan respek terhadap pengelola gereja kurang.

Aksi yg sudah terlaksana:

–          Membantu dengan alat2 pembelajaran/praktek Embbeded Linux (saat ini kurikulum di DEL hanya mendalami programming dan networking). Kami sudah mengirimkan 5 set modul Embedded Linux dan juga melakukan pelatihan secara remote. Dengan harapan mahasiswa dapat mendevelop perangkat controller elektronik yang

–          Mengirimkan alat2 soldering 1 set, dengan harapan mahasiswa dan teknisi di DEL dapat mempelajari cara menyolder yang baik dan juga menyolder komponen SMD yang lebih banyak digunakan industri elektronika saat ini.

Commit untuk mengirimkan 1 orang engineer ke DEL pada bulan Agustus 2011 untuk melakukan training cara menggunakan CAD software untuk design PCB dan training soldering PCB SMD. Bila teknisi DEL nantinya sudah pintar dalam menggunakan software dan soldering tools maka diharapkan mereka dapat mentraining SMK2 yang ada di daerah sekitar.

Langkah selanjutnya:

Yang baru akan mau dilakukan (mohon agar teman2 yang terbeban untuk membantu dapat email japri). Apa yang akan dilakukan beberapa sudah cukup pasti akan dilakukan, beberapa masih idea sehingga memerlukan masukan dari teman2.

–          Sekolah yang dikunjungi oleh mahasiswa DEL untuk memperkenalkan NAULINUX banyak yang tidak memiliki komputer, sementara untuk me run LINUX tidak perlu komputer canggih, pentium I atau II dengan memory 256 M yang mungkin saat ini jadi sarang nyamuk di garasi kita dapat didonasikan. Jadi bila di kantor bapak ibu ada notebook, PC yang sudah kedaluarsa tapi masih bisa berjalan bagus mohon agar di info kan.

–          Membuka rekening untuk menampung dana untuk banyak hal yang dapat dilakukan disana,

–          Membuat blog untuk dapat menginformasikan apa yang terpikirkan, apa yang perlu dan apa yang sedang dilakukan. Pada blog ini juga akan di info status rekening, penerimaan dan pengeluaran. (Siapa yang berminat menjadi blog designer nya?)

–          Mendapatkan/hire 1 orang di sekitar lokasi yang bersedia mencari orang/keluarga yang membutuhkan bantuan dan menjalankannya.

–          Memberikan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa yang tidak mampu.

–          Mengumpulkan buku2 bekas yang layak baca dari teman2 di perantauan dan distribusi ke daerah. Untuk sementara buku dapat dikirimkan ke kantor kami di Radio Dalam Raya 52A, Jakarta Selatan. PIC: Ojahan

–          Mengumpukan mainan bekas yang layak pakai dari teman2 di perantauan dan distribusi ke daerah. Untuk sementara buku dapat dikirimkan ke kantor kami di Radio Dalam Raya 52A, Jakarta Selatan. PIC: Ojahan

–          Bila ada teman2 yang ahli dalam bidang programming/elektronika/business, saya dapat link ke direktur DEL untuk dapat mengajar/kuliah umum di DEL. Senang sekali habis mengajar ini asal jangan sering2 saja karena capek dan akhir mengajar kita akan diberi medali dan di foto2.

–          Bila ada buku2 management/programming bisa dikirim juga. Kita belum dapat kirim langsung ke DEL karena sebagai lembaga mereka belum siap untuk menerima dan mengelola, jadi bila ada kiriman saya akan kordinasi dgn pimpinan DEL agar mereka siap menerima.

 

 

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: